Jumat, 18 Maret 2016

Pekan Raya Sumatra Utara 2016 Resmi Dibuka

MEDAN -- Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2016 resmi dibuka, Jumat (18/3) malam. Acara yang bertujuan untuk mempromosikan daerah di Sumut ini digelar di kompleks Tapian Daya, Jalan Gatot Subroto, Medan. Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi berharap, adanya PRSU ke-45 ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh 33 kabupaten/kota di Sumut untuk mempromosikan potensi daerah masing-masing.

"Kalau turis berkunjung ke seluruh Sumut ini kan begitu luas. Bisa jadi setelah mereka melihat rumah adat dan kebudayaan-kebudayaan di sini mereka jadi tertarik untuk berkunjung ke daerah tersebut. Jadi ini seperti mini Sumatera Utara," kata Erry usai acara pembukaan.

Ia pun mengajak para kepala daerah di Sumut untuk memanfaatkan fasilitas yang telah ada di Tapian Daya. Sebanyak 33 rumah adat yang telah dibangun permanen di kawasan ini, lanjutnya, dapat terus dimanfaatkan, bukan hanya selama PRSU berlangsung.

"Dengan lokasi yang strategis di tengah kota ini, sayang kalau hanya dimanfaatkan sebulan saja dalam setahun. Padahal sudah terbangun rumah-rumah adat masing-masing kabupaten/kota," ujarnya.

Dengan rencana dihidupkannya Tapian Daya ini, Erry mengatakan, seluruh kabupaten/kota di Sumut dapat memiliki wadah untuk menunjukkan produk unggulan dan potensi masing-masing. Dengan begitu, lanjutnya, wisatawan yang datang dapat lebih mengenal dan bukan tidak mungkin menarik kunjungan wisatawan yang lebih besar lagi untuk datang ke daerah-daerah di Sumut.

"Paling tidak dihidupkan lah paviliun-paviliun itu. Dibuka dan ada cendera matanya. Jadi bisa jadi ajang produk bagi para turis mancanegara dan domestik yang berkunjung," kata Erry.

Pembukaan PRSU 2016 pada Jumat (19/3) malam dilakukan dengan prosesi adat dari Nias Utara, yang merupakan tuan rumah acara. Selain Gubernur Sumut, acara ini juga dihadiri oleh seluruh kepala daerah di 33 kabupaten/kota di Sumut.

PRSU akan digelar selama 30 hari. Selain dapat melihat potensi seluruh kabupaten/kota, panitia juga menghadirkan sejumlah artis ibu kota. Rencananya, Kota Tanjung Balai akan menjadi tuan rumah untuk acara penutupan PRSU nanti.
Adbox