Rabu, 30 Maret 2016

Puluhan Booth Akan Penuhi Medan Sumatera International EXPO (SUMEX) 2016



kosmodaily.com - Warga Medan agaknya sudah tak sabar menunggu tibanya bulan Mei 2016, yang merupakan waktu diselenggarakannya Medan Sumatera International EXPO 2016 (SUMEX) di Lapangan Merdeka pada 5-8 Mei mendatang.

Serangkaiannya acara telah disusun apik oleh penyelenggara yang berasal dari Dzikraa Organizer dan dipimpin oleh Hj. Sri Budy Novitawaty, SE. Beberapa booth telah terisi penuh oleh beberapa kementrian yang turut aktif untuk mempromosikan Provinsi Sumatera Utara seperti halnya dalam sektor perkebunan, pertanian, pariwisata, perikanan dan kerajinan.


Berdasarkan list yang telah dirangkum oleh penyelenggara, booth-booth tersebut sudah dipesan oleh Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi, dan beberapa kementerian lainnya. Juga terdapat beberapa booth pariwisata dari berbagai daerah seperti Sumatera Utara, Jakarta, Belitung, Jawa Tengah, Banten dan lain-lain.

Yang tak kalah menarik adalah, penyelenggara juga sudah melakukan deal kepada beberapa negara bagian Asean untuk turut berperan aktif dalam acara SUMEX 2016 tersebut, salah satu negara yang sudah pasti terlibat adalah Songkhla Thailand. Pada kesempatan tersebut beberapa booth kementerian, pariwisata, stand maupun stand yang dikhususkan untuk negara bagian ASEAN berhak memamerkan produk maupun sumber dayanya selama acara berlangsung. Hal tersebut tentunya dimaksudkan untuk satu tujuan yaitu menggerakan roda perekonomian Indonesia.

Melalui persiapan yang sudah berlangsung sejak tahun lalu nyatanya SUMEX sudah berhasil melakukan kerjasama dengan beberapa bagian kementerian dan perindustrian dengan rincian yaitu Komunitas Desainer Etnik Indonesia (KDEI), House of Asri Welas, Nurmala Collection, Craft Komunitas Desainer Etnik Indonesia, Kain Tenun Balige, Asita (Beriman Travel), Nabila Embroidery, Laras Boutique, SMANSA, Wardah Kosmetik, SMMC, Stundent Entrepreneur Club (SEC) USU, Lembaga Perempuan Seroja Mandiri (LPSM), Batik Narwastu Solo, Cikal USU, Badan Penanaman Modal dan Promosi, Komunitas ESCO Medan.

Beberapa booth dan stand bahkan banyak dipesan lebih satu, dikarenakan keyakinan para pelaku usaha tentang tergeraknya roda perekonomian lewat acara international satu ini. Sementara itu sejauh ini, sisa beberapa booth dan stand yang tersedia akan ditujukan bagi negara bagian ASEAN, Kementrian Perindustrian dan pelaku Komoditi Industri lainnya.

Sementara untuk serangkaian acara, akan digelar semeriah mungkin dengan mendatangkan rombongan Menteri Perindustrian yaitu Saleh Husin, SE, M.Si dengan arak-arakan Harley Davidson. Juga mendatangan Ir. H. T. Erry Nuradi (Gubernur Sumatera Utara), Drs. H. T. Dzulmi Eldin S.Msi (Walikota Medan) dan Atase Perdagangan Bangkok.

Untuk penampilan sendiri, SUMEX akan menampilkan beragam pertujukan dari berbagai daerah baik tradisional dan modern seperti Penampilan Kabaret Legenda, Tarian Thailand, Fashion Show, Horizon Band, Ethnic Dance Competition, Talkshow, Dialog Interaktif Isu Lingkungan. Tak hanya itu SUMEX juga memberikan kesempatan kepada pelaku usaha ekonomi kreatif dari masing-masing bagian untuk mensosialisasikan produknya.

Nah, pada hari ketiga, SUMEX akan digemparkan dengan kedatangan Virzha (artis jebolan Indonesian Idol 2014) yang akan menyanyikan lagu terbaik dengan suara merdunya. Sementara itu pada puncak acara, penyelenggara akan mengumumkan para pemenang kompetisi yang berlangsung hari sebelumnya. Tunggu apalagi, yuk siapkan dirimu untuk datang ke acara SUMEX 2016 ya. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing) 

Sumber : Ceritamedan.com
Adbox