oleh

Rp360,67 Miliar Usulan Pemkot Untuk PAD Murni Manado 2021

MANADO, – Pemerintah kota (Pemkot) Manado melalui TAPD telah mengusulkan target pendapatan PAD murni 2021 sebesar Rp360,67 miliar.

USulan tersebut bahkan sudah mulai dibahas bersama oleh Banggar DPRD dan TAPD Pemkot Manado, dalam pembahasan kebijakan umum anggaran, di ruang paripurna DPRD Manado.

“Usulan target PAD murni tersebut disampaikan oleh badan pengelola pajak dan retribusi daerah, dalam pembahasan bersama dengan badan anggaran DPRD dan TAPD Manado, Rabu siang sampai sore,” kata Ketua Banggar DPRD Manado, Dra. Aaltje Dondokambey.

Target PAD tersebut tersebut katanya, berasal dari sejumlah pajak dan retribusi daerah, yang dikelola oleh badan pengelola pajak dan retribusi daerah Manado, diluar sumber pendapatan lainnya.

“Usulan target Rp360,67 miliar itu, antara lain berasal dari hotel, restoran, hiburan, reklame, pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan, sarang burung walet, rumah kost, penerangan jalan umum PLN dan non PLN, dan BPHTB,” katanya.

Namun dia mengatakan, itu baru usulan dan saat dibahas bersama untuk memastikan apakah masih bisa dinaikkan lagi atau tidak melihat kondisi masyarakat dan perekonomian yang berkembang saat ini.

Dalam pembahasan tersebut sejumlah anggota badan anggaran juga minta agar nanti dalam lanjutan pembahasan, mengundang instansi yang merupakan penghasil PAD seperti PD pasar termasuk PLN yang terkait dalam urusan pajak penerangan jalan umum.(Joy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed