oleh

Pemkot Manado Pasang Alat Perekaman Data Transaksi di 200 Titik

Manado, Kosmo.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, bersama dengan Bank SulutGo (BSG), memasang alat perekaman transaksi di 200 tempat usaha setempat.

“Pemasangan alat perekaman transaksi itu sebagai implementasi dari kerja sama antara pemerintah kabupaten dan kota termasuk Manado dengan BSG, dari 500 titik yang ditargetkan,” kata Kepala Bagian Pemerintahan dan Humas Pemkot Manado, Sonny Takumansang, di Manado.

Dia mengatakan, pemasangan alat perekaman itu dimulai Rabu, setelah Pemkot Manado bersama kabupaten kota lainnya menandatangani kerja sama dengan BSG untuk pajak “online” dalam rangka meningkatkan PAD, yang disaksikan komisioner KPK, Nawawi Pomalango.

“Pemasangan pertama dilakukan langsung oleh wali kota Manado, Vicky Lumentut di Cafe Swiss-belhotel Manado, Rabu lanjut di Rumah Kopi Billy Kawasan Megamas Manado,” katanya.

Sesuai penjelasan wali kota, kata Takumansang program tersebut dibuat dengan konsep untuk meningkatkan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yaitu pajak dengan menggunakan sistem yang dapat dikontrol.

“Namanya itu tapping box dan ada yang manual tapi terkontrol, sudah pakai alat yang direkomendasikan dari KPK dan dilakukan kerjasama dengan Bank SulutGo, dan nantinya akan dipasang secara bertahap di semua restoran, pusat hiburan dan cafe setempat dan harapannya dapat terjadi peningkatan PAD, dimana hal tersebut bisa dikontrol selain oleh Pemerintah Kota Manado juga oleh KPK, bahkan bisa dikontrol melalui HP,” katanya

Dia mengatakan, wali kota menegaskan, hal tersebut merupakan wujud transparansi Pemerintah Kota Manado terhadap pajak yang didapat dari masyarakat. (joy)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed