oleh

Walikota dan Wawali Manado Hadir Dalam Upacara Hari Lahir Pancasila

Manado, Kosmo.id – Tanggal 1 Juni Seluruh Rakyat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila ke-76.Selasa

Ini tak ubahnya yang dilakukan Pemerintah Kota Manado. Walikota dan Wakil Walikota Manado, Andrei Angouw dan Richard Sualang bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Utara, mengikuti upacara bendera dari Istana Negara Republik Indonesia secara virtual, di Kantor Bupati Minahasa Utara.

Di kesempatan itu, mereka mendengarkan sambutan dan arahan Presiden Republik Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo yang berperan sebagai pembina upacara.

Walikota Manado memaknai pesan yang disampaikan Jokowi dari momentum bersejarah ini, sebagai peringatan terhadap dasar negara. Dimana dasar negara ini yang menjadi fondasi berpikir dan berperilaku masyarakat Nusantara.

“Kita mesti selalu mengingat nilai-nilai dasar dalam negara kita, yaitu Pancasila. Supaya kita tidak akan lupa dan melenceng dari nilai-nilai dasar bangsa ini. Begitu,” lugas Andrei.

Untuk melestarikan nilai tersebut, peran utamanya diemban oleh kaum muda. Merekalah satu-satunya pihak yang diharapkan Walikota Manado untuk terus mengestafetkan semangat dari Pancasila.

“Generasi muda dihimbau untuk mengikuti nilai-nilai Pancasila. Karena itu adalah nilai-nilai bangsa yang menjadi acuan kita dalam bernegara,” pesan mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut dua periode itu.

“Nilai-nilai tersebut adalah dasar kita untuk bertindak dan berpikir. Kita harus konsisten menerapkannya. Karena kalau tidak, pemahaman-pemahaman lainlah yang akan masuk kepada kita. Yang kemungkinan, itu bertentangan dan berbeda dengan nilai-nilai Pancasila,” tandas Walikota Manado.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey; Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw beserta ibu; jajaran Esalon 2 Pemerintah Provinsi Sulut; serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Minut.(Dims)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed