oleh

Wakil Walikota Manado Hadiri Peluncuran Bank Sampah Maju Sejahtera

Manado,Kosmo.id – Pemerintah kota (Pemkot) Manado, terus menggalakkan bank sampah, sehingga menyelesaikan masalah persampahan dan meningkatkan perekonomian masyarakat kota manado.

“Saat ini Pemkot Manado masih menggunakan sistem collecting, dimana sampah masyarakat dikumpulkan di kecamatan baru dibawa ke TPA Sumompo, namun Sampah kami bawa ke Sumompo berkurang dan bisa menaikan pendapatan masyarakat,” kata Wakil Wali Kota Manado, dr. Richard Sualang, yang di dampinggi sekretaris PKK dr.merry mawardi saat peluncuran bank sampah maju sejahtera, di Malalayang, Selasa sore.

Dia mengatakan, dengan adanya bank sampah, otomatis maka pemilahan sampah akan terjadi, sehingga akan mengurangi penumpukan sampah di TPA Sumompo.

Selain itu kata Sualang, yang paling utama, adalah dengan adanya bank sampah bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, karena dapat menaikan pendapatan nasabah bank sampah, yakni warga Malalayang.

Karena itu Sualang, menyampaikan terima kasih banyak kepada pengelola bank sampah, serta apresiasi yang tinggi kepada pihak ketiga yang sudah bersedia bekerja sama untuk mendukung kelangsungan bank sampah itu.

Sementara itu camat Malalayang, Rein Heydemans mengatakan, bank sampah dibuat dengan tujuan mengurangi sampah yang akan dibawa ke TPA Sumompo, karena mengalami pemilahan.

“Sampah kami bawa ke Sumompo berkurang dan bisa menaikan pendapatan masyarakat, karena sampah menjadi bernilai ekonomis dalam arti dibeli,” katanya.

Dia juga mengatakan, sudah ada pihak ketiga yang menghubungi pengelola bank sampah, yakni pemerintah kecamatan Malalayang untuk makin mengembangkannya, sehingga bisa mendorong perbaikan ekonomi masyarakat, terutama di masa PPKM ini. (DM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed